Analisis Persetujuan ETF Ethereum dan Dampaknya pada Pasar Kripto

2024-07-11

Analisis Persetujuan ETF Ethereum dan Dampaknya pada Pasar Kripto.webp

BittimeKomunitas kripto sangat menantikan persetujuan ETF Ethereum. Meskipun waktu pasti persetujuan belum diketahui, diperkirakan akan segera terjadi. Berikut adalah pemaparan dampak dari ETF Ethereum pada pasar kripto dari pengamat altcoin daily.

Airdrop Hamster Kombat Bittime.webp

Penundaan Persetujuan ETF Ethereum oleh SEC

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) telah menunda persetujuan hingga setelah 8 Juli karena libur nasional di Amerika dan telah meminta penerbit untuk menyerahkan pengajuan yang direvisi pada tanggal tersebut. Perkembangan ini signifikan karena memberikan kemudahan bagi institusi untuk membeli Ethereum, yang berpotensi menyebabkan masuknya dana institusi dalam jumlah besar.

Cek Market Crypto Hari Ini:

Perdagangan Besar Berikutnya: Solana dan Lanskap Regulasi

Pertanyaan yang banyak investor tanyakan adalah: siapa selanjutnya? ETF spot Ethereum merupakan terobosan, tetapi fokus sekarang beralih ke aset kripto lainnya seperti Solana. VanEck, 21Shares, dan ThreeIQ (perusahaan Kanada) termasuk di antara yang telah mengajukan ETF spot Solana.

Keputusan atas aplikasi ini ada di tangan Gary Gensler dari SEC. Jika disetujui, ini akan mengkonfirmasi bahwa Ethereum dan Solana diperlakukan sebagai komoditas, yang akan menjadi pencapaian penting untuk aset digital ini.

Matthew Sigel dari VanEck menyebutkan bahwa Gary Gensler mengindikasikan aplikasi Ethereum berjalan dengan lancar, yang merupakan tanda positif. Namun, tidak adanya pasar berjangka yang diatur untuk Solana mungkin menjadi hambatan. 

Meskipun demikian, ada preseden ETF yang berhasil diperdagangkan tanpa pasar berjangka, seperti ETF pengiriman, uranium, dan listrik. Sedikit perubahan regulasi di Washington dapat membuka jalan bagi persetujuan Solana, berpotensi mendorong harganya ke $1.000 jika ETF tersebut menarik aliran masuk yang signifikan.

Baca Juga Cara Beli Crypto:

Prediksi Pasar dan Arus Masuk untuk ETF Ethereum dan Solana

Steno Research memprediksi bahwa ETF spot Ethereum dapat mendorong harga Ether menjadi $6.500 per koin akhir tahun ini, menarik antara $15 hingga $20 miliar dalam arus masuk selama tahun pertama perdagangan. 

Pandangan optimis ini kontras dengan perkiraan yang lebih konservatif dari Eric Balchunas dan James Seyffart dari Bloomberg, yang memperkirakan hanya 10% hingga 20% dari arus masuk ETF Bitcoin, setara dengan $1,5 hingga $3 miliar. Perbedaan ini menyoroti pandangan yang beragam tentang potensi keberhasilan ETF Ethereum dan Solana.

Pandangan Altcoin Daily

Chainlink dan Masa Depan Dana Tokenisasi

Dalam berita kripto lainnya, Chainlink telah bermitra dengan Fidelity International dan Signum Bank untuk membawa data nilai aset bersih (NAV) on-chain, komponen penting untuk dana tokenisasi. Kemitraan ini diatur untuk merevolusi industri dana, membuatnya lebih mudah untuk menokenisasi aset dan meningkatkan transparansi. 

Sergey Nazarov, pendiri Chainlink, menjelaskan bahwa jaringan Oracle terdesentralisasi yang andal sangat penting untuk protokol DeFi dan dana tokenisasi yang aman, menarik persamaan dengan ledakan DeFi di tahun-tahun sebelumnya.

Cek Harga Crypto Hari Ini:

Laporan Transparansi Polkadot dan Reaksi Komunitas

Polkadot menjadi sorotan karena laporan transparansinya, yang merinci pengeluaran $87 juta token DOT untuk berbagai upaya pemasaran. 

Pengeluaran ini, yang disetujui oleh komunitas Polkadot, termasuk $4,9 juta untuk influencer, $1,9 juta untuk sponsor pembalap mobil Conor Daly, dan $6,8 juta untuk kesepakatan dengan klub sepak bola bergengsi.

 Meskipun ada beberapa reaksi negatif dari komunitas, transparansi pengeluaran ini telah dipuji, dan harga DOT rata-rata meningkat, menghasilkan nilai yang lebih baik untuk pengeluaran mereka.

Efisiensi dan Adopsi Solana

Solana terus membedakan dirinya dengan biaya transaksi yang rendah dan efisiensi yang tinggi. Biaya transaksi rata-rata platform sebesar $0,025 sangat kontras dengan biaya Ethereum sebesar $40, membuatnya menjadi pilihan yang lebih menarik bagi banyak pengguna. Efisiensi ini adalah alasan utama sentimen bullish di sekitar Solana, karena ia memposisikan dirinya sebagai alternatif yang lebih cepat dan lebih murah di pasar kripto.

Pandangan ke Depan dan Keterlibatan Komunitas

Komunitas kripto tetap terlibat dan optimis tentang masa depan. Prediksi Standard Chartered tentang Bitcoin yang mencapai $100.000 pada Agustus menambah sentimen bullish. Seperti biasa, umpan balik dan keterlibatan komunitas sangat penting, dengan forum dan aplikasi seperti Roundtable menyediakan platform untuk diskusi dan analisis.

Cara Beli Crypto di Bittime

Bittime - Platform Perdagangan Aset Kripto Unggulan.webp

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. 

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

10 Altcoin Terbaik.png
10 Altcoin Terbaik di Juni 2024 yang Bisa Kamu Beli

Pasar cryptocurrency terus berkembang dengan cepat, menawarkan berbagai peluang investasi menarik. Berikut ini adalah 10 altcoin terbaik di bulan Juni 2024 yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli, cek sekarang

2024-05-29Baca