Wasabi Wallet Beri Peringatan terhadap Serangan Pencurian Dana!

2024-07-10

Wasabi Wallet Beri Peringatan terhadap Serangan Pencurian Dana

BittimeWasabi Wallet, salah satu dompet kripto populer yang dikenal dengan fitur privasi CoinJoin, baru-baru ini mengeluarkan peringatan serius. Apa maksud peringatan tersebut? Baca artikel ini untuk mengetahui selengkapnya!

Lucky Draw Bittime

Ancaman terhadap Pengguna Wasabi Wallet

Peringatan tersebut mengindikasikan bahwa seorang koordinator bernama WasabiCoordinator sedang berusaha mencuri dana pengguna secara bertahap melalui serangan yang kompleks dan terorganisir.

Wasabi Wallet mendesak semua pengguna yang terhubung dengan koordinator ini untuk segera menghentikan operasi CoinJoin mereka guna mencegah kehilangan dana. Pihak Wasabi Wallet juga berjanji akan merilis versi baru dari perangkat lunak mereka dalam waktu dekat untuk mencegah jenis serangan ini terjadi di masa depan.

Staking Meme Coin

CoinJoin Wasabi Wallet  

Wasabi Wallet dikenal luas karena implementasinya terhadap CoinJoin, teknik penggabungan transaksi Bitcoin yang meningkatkan privasi dengan mencampur koin dari beberapa pengguna. 

Teknik ini membuat transaksi lebih sulit untuk dilacak oleh pihak ketiga. Namun, seperti halnya teknologi keamanan lainnya, CoinJoin tidak kebal terhadap eksploitasi jika dijalankan oleh koordinator yang tidak jujur.

Dalam kasus ini, WasabiCoordinator telah menggunakan metode serangan yang canggih untuk secara perlahan menyedot dana dari pengguna yang melakukan CoinJoin. 

Serangan semacam ini bisa sangat merugikan, terutama karena sifatnya yang tersembunyi dan bertahap, sehingga pengguna mungkin tidak segera menyadari bahwa dana mereka telah dicuri.

Airdrop Hamster Kombat Bittime.webp

Tindakan Pencegahan oleh Wasabi Wallet

Wasabi Wallet telah memberikan panduan jelas kepada penggunanya untuk segera menghentikan semua operasi CoinJoin yang melibatkan WasabiCoordinator. Langkah ini adalah tindakan pencegahan pertama yang sangat penting untuk menghindari kerugian lebih lanjut.

Selain itu, tim Wasabi Wallet sedang bekerja keras untuk mengembangkan dan merilis versi baru dari perangkat lunak mereka. Versi baru ini diharapkan akan mencakup fitur-fitur keamanan yang ditingkatkan untuk mendeteksi dan mencegah jenis serangan yang sama di masa mendatang.  

Pentingnya Keamanan Wallet 

Keamanan wallet kripto adalah salah satu aspek paling kritis dalam penggunaan crypto. Wallet tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan aset digital, tetapi juga sebagai alat untuk melakukan transaksi yang aman. 

Ketika keamanan wallet terganggu, pengguna bisa kehilangan seluruh aset digital yang sering kali tidak dapat dipulihkan. Kasus serangan terhadap Wasabi Wallet ini menyoroti pentingnya pengguna untuk selalu waspada dan mengikuti praktik keamanan terbaik. 

Berikut beberapa langkah yang bisa diambil oleh pengguna untuk melindungi dana dalam wallet.

  1. Perbarui Perangkat Lunak Secara Teratur: Selalu gunakan versi terbaru dari perangkat lunak wallet untuk memastikan kamu mendapatkan perlindungan terbaru terhadap berbagai ancaman.
  2. Periksa Kredibilitas Koordinator: Sebelum melakukan CoinJoin atau operasi serupa, pastikan untuk memverifikasi kredibilitas dan reputasi koordinator yang terlibat.
  3. Gunakan Wallet yang Terdesentralisasi: Pilih wallet yang mendukung fitur-fitur keamanan tambahan dan desentralisasi untuk mengurangi risiko serangan terpusat.
  4. Pantau Aktivitas Transaksi: Selalu pantau aktivitas transaksi di wallet kamu untuk mendeteksi adanya transaksi yang mencurigakan atau tidak sah.

Cara Beli Crypto di Bittime

Cara Beli Crypto di Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. 

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

10 Altcoin Terbaik.png
10 Altcoin Terbaik di Juni 2024 yang Bisa Kamu Beli

Pasar cryptocurrency terus berkembang dengan cepat, menawarkan berbagai peluang investasi menarik. Berikut ini adalah 10 altcoin terbaik di bulan Juni 2024 yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli, cek sekarang

2024-05-29Baca