10 Altcoin Teratas di Tahun 2024

2024-06-08
10 Altcoin Teratas di Tahun 2024 - Bittime

Bittime - Artikel ini membahas 10 altcoin teratas berdasarkan kapitalisasi pasar, tidak termasuk stablecoin. Stablecoin dirancang untuk memiliki harga stabil dan bukan investasi spekulatif. Berikut penjelasan detailnya.

1. Ethereum (ETH)

Kapitalisasi pasar: $362,2 miliar

Ethereum adalah altcoin terbesar di pasar dengan kapitalisasi pasar lebih dari $389 miliar. Berbeda dengan Bitcoin yang dikenal sebagai "penyimpan nilai", Ethereum adalah jaringan komputasi terdistribusi tempat pengguna dapat menjalankan aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan smart contract menggunakan blockchain.

Ethereum memiliki kekurangan berupa biaya transaksi yang tinggi. Namun, dengan ribuan aplikasi dan altcoin lain yang didukung blockchain-nya, Ethereum diperkirakan akan tetap bertahan.

How to buy ETH/IDR.

2. BNB (BNB)

Kapitalisasi pasar: $86,2 miliar

BNB adalah token utilitas yang dapat digunakan untuk membayar biaya perdagangan dan mendapatkan diskon perdagangan di bursa Binance. BNB juga bisa digunakan untuk pembayaran di luar bursa, misalnya untuk pemesanan perjalanan.

Kritikus mengatakan BNB tidak terdesentralisasi seperti altcoin lainnya. Namun, nilai koin itu sendiri telah menarik minat investor ke bursa sejak BNB mulai populer pada tahun 2021.

How to buy BNB/IDR.

3. Solana (SOL)

Kapitalisasi pasar: $66,1 miliar

Dikembangkan untuk mendukung keuangan terdesentralisasi (DeFi), aplikasi, dan smart contract, Solana menggunakan mekanisme hybrid proof-of-stake dan proof-of-history yang unik untuk memproses transaksi dengan cepat dan aman.

Solana adalah salah satu blockchain tercepat yang ada. Namun, blockchain ini juga dikritik karena terlalu terpusat dengan jumlah node validator yang sedikit dibandingkan dengan Ethereum.

Solana menawarkan skalabilitas tinggi dengan biaya yang sangat rendah, tetapi pernah mengalami gangguan dan downtime.

How to buy SOL/IDR.

4. XRP (XRP)

Kapitalisasi pasar: $29,0 billion

XRP digunakan untuk memfasilitasi pertukaran mata uang yang berbeda dengan teknologi digital dan perusahaan pemrosesan pembayaran Ripple Labs.

Ripple Labs adalah pelopor dalam dunia kripto yang serba cepat. Meskipun banyak koin lain muncul dan menghilang selama dekade terakhir, Ripple Labs dan XRP mempertahankan status terpandang mereka.

XRP Ledger menawarkan decentralized exchange (DEX) pertama yang menggunakan protokol yang memungkinkan tokenisasi kustom. Teknologi open-source ini juga dikenal lebih ramah lingkungan dibandingkan mata uang kripto lain.

How to buy XRP/IDR.

5. Dogecoin (DOGE)

Kapitalisasi pasar: $21,5 miliar

Dogecoin adalah meme coin pertama yang dimulai sebagai lelucon pada tahun 2013. Namun, berkat komunitas yang berdedikasi dan meme yang kreatif, DOGE dengan cepat berkembang menjadi mata uang kripto terkemuka.

DOGE memiliki beberapa pendukung besar tetapi tetap lebih berisiko daripada Bitcoin. Nilai altcoin seperti DOGE dapat berfluktuasi secara ekstrem tergantung pada volatilitas pasar karena belum memiliki kasus penggunaan nyata.

How to buy DOGE/IDR.

6. Toncoin (TON)

Kapitalisasi pasar: $20,2 miliar

Dikembangkan pada tahun 2018 oleh Telegram, sistem pesan terenkripsi, Toncoin adalah blockchain Layer-1 yang awalnya bernama "Telegram Open Network" tetapi sekarang diubah menjadi "The Open Network".

Toncoin pada awalnya dirilis agar pengguna dalam aplikasi dapat dengan mudah menyelesaikan transaksi di dalam aplikasi Telegram. Namun, sekarang Toncoin telah berkembang menjadi blockchain yang digerakkan oleh komunitas dengan jaringan proof-of-stake yang mempertahankan waktu pemrosesan dan validasi yang sangat cepat.

How to buy TON/IDR.

7. Cardano (ADA)

Kapitalisasi pasar: $15,8 miliar

Cardano adalah salah satu yang pertama menggunakan mekanisme konsensus proof-of-stake, yang mempercepat waktu transaksi dengan menghilangkan pemecahan masalah kompetitif dan intensif energi seperti pada platform Bitcoin.

Cardano adalah pemimpin pemikiran di industri yang telah membuka jalan bagi mekanisme konsensus proof-of-stake. ADA menawarkan biaya rendah dengan keamanan tingkat tinggi.

Namun, beberapa pihak berpendapat Cardano terlalu banyak menjanjikan fitur namun belum mewujudkannya.

How to buy ADA/IDR.

8. Shiba Inu (SHIB)

Kapitalisasi pasar: $13,5 miliar

Shiba Inu adalah meme coin berbasis Ethereum yang dikembangkan pada tahun 2020. SHIB diciptakan oleh "Ryoshi", pengembang anonim yang menyatakan tujuan koin tersebut adalah untuk mengetahui apakah suatu organisasi dapat bekerja tanpa kepemimpinan pusat.

Dengan dukungan tokoh kripto seperti Elon Musk dan Vitalik Buterin, Shiba Inu tampaknya membuktikan harapan Ryoshi tersebut bisa terwujud.

SHIB sempat menjadi meme coin paling bernilai di dunia, melampaui Dogecoin. Beberapa penjual niche bahkan mulai menerima SHIB sebagai pembayaran. Namun, upaya komunitas Shiba Inu agar McDonald's menerima SHIB sebagai alat pembayaran gagal.

How to buy SHIB/IDR.

9. Avalanche (AVAX)

Kapitalisasi pasar: $13,2 miliar

Dikembangkan sebagai blockchain layer-1 untuk dApps dan jaringan lain, Avalanche telah menjadi salah satu pesaing utama Ethereum. AVAX ingin menggantikan Ethereum sebagai blockchain pilihan untuk smart contract.

Avalanche berupaya memecahkan trilemma blockchain yang terkenal, yaitu keamanan, skalabilitas, dan desentralisasi.

Trilemma ini menyatakan bahwa developer harus mengorbankan setidaknya satu dari ketiga komponen tersebut untuk memungkinkan produktivitas maksimum dengan dua lainnya.

Avalanche mencoba memecahkan trilemma ini dengan menggunakan tiga blockchain yang bisa saling beroperasi dalam pengembangannya sendiri.

How to buy AVAX/IDR.

10. Tron (TRX)

Kapitalisasi pasar: $10,7 miliar

Tron didirikan di Singapura pada tahun 2017. Pada Desember 2021, Tron telah berkembang menjadi organisasi otonom terdesentralisasi (DAO) sepenuhnya. Saat ini, Tron memiliki lebih dari 167 juta akun.

Harga TRX mengalami peningkatan pesat, yaitu 5.380% sejak peluncurannya. Hal ini menjadikan Tron sebagai salah satu mata uang kripto dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

How to buy TRX/IDR.

Kesimpulan

Dunia altcoin terus berkembang pesat. Ada berbagai macam proyek inovatif dengan tujuan dan fungsi yang berbeda-beda. Investor harus selalu melakukan riset sendiri sebelum memutuskan untuk berinvestasi di altcoin tertentu.

Cara Beli Crypto di Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet.

Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime.

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

panduan staking untuk pemula.png
Panduan Lengkap Staking untuk Pemula saat Bear Market

Pasar kripto terkenal dengan volatilitasnya yang tinggi, dan periode bear market (pasar turun) dapat menjadi masa yang penuh tantangan bagi investor. Di tengah fluktuasi harga yang dramatis, strategi staking menawarkan solusi inovatif untuk tetap menghasilkan keuntungan. Simak penjelasannya

2024-05-30Baca