Apa Itu Rocket Pool Protocol DAO? Mengenal Update Houston RPL

2024-07-10

Apa Itu Rocket Pool Protocol DAO Mengenal Update Houston RPL.webp

BittimeUpgrade Houston untuk Rocket Pool (RPL) akan memperkenalkan DAO on-chain yang revolusioner, dikenal sebagai Protocol DAO (pDAO). Peningkatan ini menghilangkan kebutuhan akan alat pihak ketiga seperti pemungutan suara snapshot, memastikan model tata kelola on-chain sepenuhnya. 

Airdrop Hamster Kombat Bittime.webp

Selain itu, peningkatan ini membawa fitur-fitur seperti kemampuan untuk mempertaruhkan ETH atas nama node dan fungsi alamat penarikan RPL baru. Peningkatan ini akan mendukung integrasi dan platform baru yang dibangun di atas protokol.

Protocol DAO: Masa Depan Rocket Pool?

Rocket Pool Protocol DAO (pDAO) adalah pusat tata kelola protokol, yang dikelola oleh pemegang RPL yang juga merupakan operator node. Tidak seperti tata kelola DAO tradisional yang mengandalkan pemungutan suara tertimbang token, Rocket Pool menekankan partisipasi aktif. 

Semua anggota, mulai dari dana ventura kapital besar hingga operator node individu, harus terlibat aktif dalam protokol untuk mempengaruhi arahnya. Saat ini, pDAO mengawasi berbagai pengaturan on-chain dan dapat mengusulkan serta memberikan suara pada Rocket Pool Improvement Proposals (RPIP). 

Proposal ini memungkinkan komunitas untuk membentuk masa depan protokol. Untuk informasi terperinci, registri RPIP saat ini dapat diakses publik.

Baca Juga Cara Beli Crypto:

Fungsi dan Kemampuan pDAO

pDAO memiliki kontrol yang luas atas pengaturan protokol, dana perbendaharaan, dan dewan keamanan yang baru diperkenalkan:

  • Parameter Protokol: Ini termasuk pengaturan seperti setoran ETH minimum untuk rETH (0,01 ETH) dan ukuran maksimum kumpulan setoran. Tabel lengkap parameter ini tersedia.
  • Dana Perbendaharaan: Rocket Pool memiliki tingkat inflasi 5%, sebagian dari dana tersebut digunakan untuk mendanai perbendaharaan pDAO. Perbendaharaan ini mendukung pengembangan protokol, pengelolaan hibah, dan proyek pihak ketiga. Peningkatan Houston memungkinkan pembayaran ini dilakukan secara progresif untuk melacak tujuan pendanaan dengan lebih baik.
  • Dewan Keamanan: Diperkenalkan dalam peningkatan Houston, dewan ini dapat menghentikan protokol dalam keadaan darurat. Dipilih oleh pDAO, anggota memerlukan kuorum untuk bertindak dan dapat dicopot atau dewan dibubarkan jika perlu.

Mekanisme Proposal dan Pemungutan Suara

Proses tata kelola melibatkan proposal, pembatasan, dan pemungutan suara atas perubahan:

  • Proposing (Pengusulan): Setiap node dengan hak suara dapat mengusulkan perubahan, membutuhkan ikatan dalam RPL.
  • Challenging (Pembatasan): Proposal dapat ditentang jika data tidak akurat, dengan penentang juga memasang ikatan. Tantangan yang berhasil menghasilkan hadiah ikatan.
  • Voting (Pemungutan Suara): Proposal memasuki fase pemungutan suara dua periode setelah periode tantangan. Operator node dapat memilih abstain, mendukung, menentang, atau memveto proposal. Veto menunjukkan spam atau niat jahat, segera mengalahkan proposal jika kuorum terpenuhi.

Cek Market Crypto Hari Ini:

Staking ETH atas Nama Node

RPIP-32 memperkenalkan kemampuan bagi akun untuk mempertaruhkan ETH atas nama node Rocket Pool terdaftar. Fitur ini mendukung berbagai skenario, seperti peningkatan keamanan untuk operator node dan staking as a service oleh kustodian tepercaya. 

Ini juga memungkinkan beberapa deposan independen untuk mempertaruhkan melalui smart contract.

Alamat Penarikan RPL

Rocket Pool sekarang mengizinkan operator node untuk menentukan alamat penarikan yang berbeda untuk ETH dan RPL. Hal ini memungkinkan satu pihak untuk memasok ETH dan pihak lain untuk mengelola hadiah RPL tanpa memindahkan hak asuh, menawarkan fleksibilitas dan keamanan untuk operator node dan mitra mereka.

Saldo Berbasis Waktu dan Pengajuan Harga RPL

Untuk meningkatkan prediktabilitas, Rocket Pool telah beralih dari interval berbasis blok ke interval berbasis waktu untuk melaporkan rasio dan saldo jaminan RPL. 

Perubahan ini memastikan jendela 24 jam yang konsisten untuk pengisian ulang setelah pembaruan harga final, selaras dengan metode perhitungan interval hadiah.

Audit Komprehensif

Untuk memastikan keamanan dan efisiensi peningkatan Houston, Rocket Pool bekerja sama dengan tim audit Ethereum terkemuka:

  • Consensys Diligence (Akhir November hingga Pertengahan Desember 2023)
  • Sigma Prime (Akhir November 2023, dan lagi pada Maret 2024)
  • Chainsafe (pertengahan Januari hingga April 2024)

Audit ini mengkonfirmasi ketahanan dan keandalan peningkatan, memberikan kepercayaan pada fitur tata kelola dan staking yang ditingkatkan dari Rocket Pool.

Cara Beli Crypto di Bittime

Bittime - Platform Perdagangan Aset Kripto Unggulan.webp

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. 

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

panduan staking untuk pemula.png
Panduan Lengkap Staking untuk Pemula saat Bear Market

Pasar kripto terkenal dengan volatilitasnya yang tinggi, dan periode bear market (pasar turun) dapat menjadi masa yang penuh tantangan bagi investor. Di tengah fluktuasi harga yang dramatis, strategi staking menawarkan solusi inovatif untuk tetap menghasilkan keuntungan. Simak penjelasannya

2024-05-30Baca