Ethereum (ETH) Turun 2,5% Hari Ini, Masihkah Menarik untuk Dibeli?

2024-06-14
ETH[1].png

Bittime - Harga Ethereum (ETH), cryptocurrency terbesar kedua di dunia setelah Bitcoin, mengalami penurunan moderat hari ini, 14 Juni 2024. Berdasarkan data dari CoinGecko, per pukul 15:30 WIB, harga ETH berada di sekitar Rp 56,5 juta, turun 2,5% dibandingkan dengan kemarin.

Meskipun turun, pergerakan harga ETH dalam seminggu terakhir terbilang fluktuatif. Harga sempat menyentuh level tertinggi Rp 61,9 juta pada hari Jumat lalu, namun kemudian menurun hingga ke level saat ini.

Artikel ini akan membahas situasi terkini harga ETH/IDR, faktor-faktor yang memengaruhi harganya, dan apakah ETH masih menarik untuk dibeli.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga ETH/IDR

Harga ETH/IDR dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Harga Bitcoin (BTC): Pergerakan harga Bitcoin seringkali diikuti oleh pergerakan harga ETH. Jika harga BTC naik, biasanya harga ETH juga akan naik, dan sebaliknya. Ini karena Bitcoin dianggap sebagai cryptocurrency terdepan di pasar, dan pergerakan harganya seringkali menjadi acuan bagi cryptocurrency lainnya.
  • Permintaan dan Penawaran ETH: Semakin tinggi permintaan ETH, semakin tinggi pula harganya. Sebaliknya, jika penawaran ETH lebih tinggi daripada permintaan, harganya akan cenderung turun. Permintaan ETH dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti minat investor terhadap teknologi blockchain Ethereum, penggunaan ETH dalam berbagai aplikasi DeFi (Decentralized Finance), dan lain sebagainya.
  • Berita dan Regulasi: Berita dan regulasi terkait cryptocurrency, khususnya Ethereum, dapat memengaruhi kepercayaan investor dan pada akhirnya memengaruhi harganya. Misalnya, berita positif tentang peningkatan adopsi teknologi Ethereum dapat memicu kenaikan harga, sementara berita negatif tentang regulasi ketat terhadap cryptocurrency dapat menyebabkan penurunan harga.
  • Kondisi Pasar Global: Kondisi ekonomi global secara keseluruhan juga dapat memengaruhi harga cryptocurrency, termasuk ETH. Misalnya, ketika terjadi ketidakpastian ekonomi atau krisis keuangan, investor cenderung mencari aset safe haven seperti emas atau dolar AS. Ini dapat menyebabkan penurunan harga cryptocurrency, termasuk ETH.

Analisa Tren ETH/IDR

Meskipun mengalami penurunan hari ini, tren harga ETH/IDR dalam jangka panjang masih terbilang positif.

  • Peningkatan Adopsi Teknologi Ethereum: Teknologi blockchain Ethereum semakin banyak diadopsi oleh berbagai perusahaan dan organisasi. Hal ini dapat meningkatkan permintaan ETH dan mendorong kenaikan harga di masa depan.
  • Ethereum 2.0: Peluncuran penuh Ethereum 2.0, yang dijadwalkan terjadi dalam waktu dekat, diyakini akan meningkatkan skalabilitas dan efisiensi jaringan Ethereum. Ini dapat menarik lebih banyak pengguna dan developer ke ekosistem Ethereum, sehingga berpotensi mendorong kenaikan harga ETH.

Apakah ETH Masih Menarik untuk Dibeli?

Keputusan untuk membeli ETH atau cryptocurrency lainnya harus didasarkan pada riset dan pertimbangan yang matang. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli ETH antara lain:

  • Toleransi Risiko: Investasi dalam cryptocurrency termasuk investasi berisiko tinggi. Harga cryptocurrency dapat mengalami fluktuasi yang besar dalam waktu singkat.
  • Tujuan Investasi: Tentukan tujuan investasi Anda. Apakah Anda berinvestasi untuk jangka pendek atau jangka panjang?
  • Diversifikasi Portofolio: Jangan hanya berinvestasi dalam ETH, tetapi juga diversifikasikan portofolio Anda dengan aset investasi lainnya.

Meskipun investasi ETH berisiko tinggi, namun potensi keuntungannya juga besar. Dengan riset yang baik dan strategi investasi yang tepat, ETH masih bisa menjadi pilihan investasi yang menarik.

Cara Beli Crypto di Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

SafePal Dukung TON NFT Langkah Baru di Dunia Kripto.webp
SafePal Dukung TON NFT: Langkah Baru di Dunia Kripto

SafePal, penyedia dompet kripto terkenal, baru-baru ini mengumumkan dukungan untuk Non-Fungible Token (NFT) yang dibangun di atas The Open Network (TON). Baca selengkapnya di sini

2024-07-18Baca