Transaksi Kilat! Kenali Teknologi BlockDAG

2024-07-10

Unlocking Web3 Hooked Protocol dan Token HOOK  (5).webp

Bittime Dunia teknologi blockchain terus berinovasi untuk mengatasi keterbatasan yang ada. Salah satu terobosan menarik adalah BlockDAG (Block Directed Acyclic Graph). BlockDAG menawarkan pendekatan berbeda untuk mengatasi masalah skalabilitas dan kecepatan transaksi yang sering dihadapi blockchain tradisional. Artikel ini akan membahas konsep BlockDAG, cara kerjanya, dan potensinya untuk masa depan teknologi desentralisasi.

banner airdrop hamster kombat bittime.jpg

Mengenal Blockchain: Landasan BlockDAG

Konsep dasar blockchain perlu dipahami sebelum mengenal BlockDAG. Blockchain konvensional menyimpan transaksi dalam blok-blok yang tersusun secara linear dan kronologis. Setiap blok berisi kumpulan transaksi, tautan ke blok sebelumnya menggunakan hash kriptografi, dan cap waktu.

 

Cek Market Kripto Hari Ini:

Setelah ditambahkan ke rantai, data dalam blok tidak dapat diubah. Ini berarti transaksi diproses secara berurutan, membutuhkan waktu, sehingga sistem hanya dapat menangani sejumlah transaksi per detik yang terbatas.

BlockDAG: memecah batasan skalabilitas

BlockDAG, yang berarti Block Directed Acyclic Graph, menawarkan solusi alternatif dari struktur linear blockchain tradisional. Alih-alih menambahkan blok secara berurutan, BlockDAG menggunakan struktur directed acyclic graph (DAG) untuk membentuk jaringan blok.

Transaksi kilat! Kenali Teknologi BlockDAG

Secara sederhana, setiap blok dalam BlockDAG terhubung ke beberapa blok lain, membentuk pola jaringan yang tidak mengikuti garis lurus. Ini memungkinkan pemrosesan transaksi lebih cepat karena setiap node dalam jaringan dapat menangani banyak transaksi secara bersamaan.

Cara Kerja BlockDAG

  • Struktur Directed Acyclic Graph (DAG):
    Inti dari BlockDAG adalah struktur Directed Acyclic Graph (DAG). Dalam struktur ini, setiap koneksi memiliki arah tertentu dan Anda tidak dapat kembali ke blok yang sama dengan mengikuti jalur tersebut. Desain ini memungkinkan berbagai rute dan percabangan, sehingga blok dapat ditautkan ke beberapa blok induk.
     
  • Pemrosesan Transaksi Paralel:
    Blockchain tradisional memproses transaksi secara berurutan, yang dapat menyebabkan kemacetan. BlockDAG, sebaliknya, memungkinkan pemrosesan paralel. Beberapa blok, masing-masing menunjuk ke set blok induk yang berbeda, dapat ditambahkan secara bersamaan. Paralelisme ini dapat secara drastis meningkatkan kemampuan jaringan untuk menangani lebih banyak data dan beroperasi lebih cepat.
     

  • Resolusi Konflik:
    Salah satu tantangan dalam sistem BlockDAG adalah memastikan konsensus dan menyelesaikan konflik. Karena beberapa blok dapat ditambahkan secara bersamaan, mungkin terjadi transaksi yang saling bertentangan. Sistem BlockDAG menggunakan berbagai mekanisme konsensus untuk menyelesaikan konflik ini. Beberapa menggunakan varian dari algoritma Proof of Work (PoW), sementara yang lain mungkin menggunakan Proof of Stake (PoS) atau metode konsensus lainnya.

Keunggulan BlockDAG

  • Skalabilitas Tinggi:
    Keunggulan utama BlockDAG adalah skalabilitasnya yang tinggi. Karena blok diproses secara bersamaan di seluruh jaringan, sistem ini dapat menangani aktivitas dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan blockchain tradisional. Ini membuatnya cocok untuk berbagai tujuan, mulai dari pembayaran kecil hingga transaksi keuangan besar.
     

  • Peningkatan Throughput:
    Throughput transaksi dalam sistem BlockDAG meningkat secara signifikan karena penggunaan pemrosesan paralel. Ini sangat bermanfaat untuk tugas-tugas yang membutuhkan pemrosesan transaksi dengan cepat dan ekstensif, seperti di sektor keuangan dan manajemen rantai pasokan.
     

  • Keamanan yang Ditingkatkan:
    BlockDAG juga sangat aman. Karena setiap blok terhubung ke beberapa blok lain, sangat sulit bagi satu node untuk mengendalikan sistem. Selain itu, sistem BlockDAG lebih tahan terhadap serangan dan peretasan dibandingkan dengan blockchain tradisional, dengan mekanisme konsensus yang dibangun untuk menahan berbagai bentuk serangan.
     

Baca Juga Cara Beli Kripto:

 

Tantangan dan Pertimbangan BlockDAG

  • Kompleksitas:
    Mengembangkan dan memelihara sistem BlockDAG membutuhkan kompleksitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan blockchain biasa. Menangani berbagai blockchain, menyelesaikan sengketa, dan mencapai kesepakatan dalam jaringan yang lebih rumit menyebabkan kompleksitas tambahan.
     

  • Mekanisme Konsensus:
    Menciptakan mekanisme konsensus yang efisien untuk BlockDAG terbukti menjadi tugas yang sulit. Mekanisme ini perlu memastikan keamanan, efisiensi, dan skalabilitas sambil mengatasi konflik dan menjaga integritas jaringan.
     

  • Adopsi dan Kompatibilitas:
    Sama seperti teknologi baru lainnya, BlockDAG mungkin memerlukan waktu untuk diadopsi secara luas. Keberhasilannya bergantung pada kompatibilitas dengan sistem saat ini dan kemampuan untuk bekerja dengan blockchain lain.
     

Kesimpulan

BlockDAG hadir sebagai alternatif blockchain yang inovatif dengan menawarkan skalabilitas tinggi, throughput yang mumpuni, dan keamanan yang terjamin. Struktur DAG-nya memungkinkan pemrosesan transaksi paralel, sehingga BlockDAG dapat menangani lebih banyak aktivitas dan transaksi dengan lebih cepat dibandingkan blockchain tradisional.

banner welcome gift bittime.jpg

Meskipun terdapat beberapa tantangan seperti kompleksitas dan mekanisme konsensus, BlockDAG menunjukkan potensi besar untuk memajukan teknologi desentralisasi. Dengan pengembangan dan adopsi yang berkelanjutan, BlockDAG dapat memainkan peran penting dalam masa depan blockchain dan membuka peluang baru untuk berbagai aplikasi terdesentralisasi.

Cara Beli Crypto di Bittime

banner cara beli bittime.jpg

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

panduan staking untuk pemula.png
Panduan Lengkap Staking untuk Pemula saat Bear Market

Pasar kripto terkenal dengan volatilitasnya yang tinggi, dan periode bear market (pasar turun) dapat menjadi masa yang penuh tantangan bagi investor. Di tengah fluktuasi harga yang dramatis, strategi staking menawarkan solusi inovatif untuk tetap menghasilkan keuntungan. Simak penjelasannya

2024-05-30Baca