Mengapa Stablecoin Penting? Penjelasan, Cara Kerja, dan Manfaatnya dalam Kripto

2024-06-19
stablecoin adalah aset.png

Bayangkan kamu memiliki dompet digital yang nilainya tidak terpengaruh oleh fluktuasi pasar yang ekstrem, sehingga kamu dapat bertransaksi dengan tenang dan tanpa khawatir. Inilah keajaiban stablecoin, inovasi terbaru dalam dunia kripto yang menawarkan stabilitas di tengah gejolak pasar. Stablecoin adalah salah satu aset yang menjadi topik hangat di kalangan investor dan penggemar kripto karena kemampuannya untuk menjaga nilai tetap stabil, membuatnya menjadi alat yang sangat diperlukan dalam ekosistem keuangan digital.

Mari kita telusuri lebih jauh tentang apa itu stablecoin, bagaimana cara kerjanya, dan manfaat apa saja yang ditawarkannya.

Apa Itu Stablecoin?

Stablecoin adalah jenis aset kripto yang dirancang untuk memiliki nilai yang tetap stabil. Berbeda dengan aset kripto kebanyakan yang bisa mengalami perubahan nilai yang drastis dalam waktu singkat, stablecoin menawarkan stabilitas nilai yang lebih tinggi.

Tujuan utama dari stablecoin adalah mengurangi volatilitas yang sering kali dikaitkan dengan pasar kripto, sehingga lebih dapat diandalkan untuk digunakan dalam transaksi sehari-hari, penyimpanan nilai, dan berbagai aplikasi keuangan lainnya.

Cara Kerja Stablecoin

Stablecoin bekerja dengan cara mengaitkan nilainya pada aset lain yang lebih stabil, seperti mata uang fiat (seperti dolar AS), komoditas (seperti emas), atau bahkan aset kripto lainnya. Ada beberapa mekanisme yang digunakan untuk menjaga kestabilan nilai stablecoin:

Stablecoin yang Didukung oleh Fiat (Fiat-Collateralized Stablecoins)

Stablecoin jenis ini memiliki cadangan berupa aset fiat yang disimpan di bank atau lembaga keuangan yang aman. Setiap stablecoin yang beredar didukung oleh jumlah fiat yang setara dalam cadangan. Misalnya, jika ada 1 juta stablecoin yang beredar, maka akan ada 1 juta dolar AS yang disimpan sebagai cadangan. Contoh dari stablecoin jenis ini adalah Tether (USDT) dan USD Coin (USDC).

Stablecoin yang Didukung oleh Kripto (Crypto-Collateralized Stablecoins)

Stablecoin ini didukung oleh aset kripto lainnya sebagai jaminan. Mengingat volatilitas aset kripto, jenis stablecoin ini biasanya over-collateralized, artinya jumlah aset kripto yang disimpan sebagai jaminan lebih besar dari nilai stablecoin yang beredar. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi fluktuasi harga aset kripto yang mendukungnya. Contoh dari stablecoin jenis ini adalah DAI, yang didukung oleh Ethereum (ETH) dan aset kripto lainnya.

Stablecoin Algoritmik (Algorithmic Stablecoins)

Stablecoin ini tidak didukung oleh aset tertentu, melainkan menggunakan algoritma dan kontrak pintar (smart contracts) untuk mengatur pasokan dan permintaan stablecoin di pasar. Algoritma ini akan menambah atau mengurangi jumlah stablecoin yang beredar untuk menjaga nilainya tetap stabil. Contoh dari stablecoin jenis ini adalah TerraUSD (UST).

Dengan memahami berbagai mekanisme ini, kita bisa melihat bagaimana stablecoin berusaha menjaga nilainya agar tetap stabil, memberikan kepercayaan dan keamanan lebih bagi para pengguna dalam berbagai transaksi dan aplikasi keuangan.

Keunggulan yang Dimiliki Stablecoin

Stablecoin menawarkan berbagai manfaat yang menjadikannya elemen penting dalam ekosistem kripto. Berikut beberapa manfaat utama yang ditawarkan oleh stablecoin:

Stabilitas Nilai

Seperti namanya, stablecoin dirancang untuk menawarkan stabilitas nilai yang sangat diperlukan di pasar kripto yang penuh gejolak. Ini memungkinkan pengguna untuk menghindari risiko fluktuasi harga yang tajam, menjadikannya ideal untuk transaksi sehari-hari dan penyimpanan nilai.

Akses ke Pasar Kripto

Stablecoin memungkinkan akses yang lebih mudah ke pasar kripto. Karena stablecoin sering dipatok pada mata uang fiat, pengguna dapat dengan mudah masuk dan keluar dari pasar kripto tanpa harus khawatir tentang volatilitas nilai tukar.

Keamanan dan Transparansi

Banyak stablecoin, terutama yang didukung oleh cadangan fiat atau kripto, diaudit secara teratur untuk memastikan kepatuhan dan keamanan cadangan. Hal ini memberikan tingkat transparansi yang lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa sistem keuangan tradisional.

Integrasi dengan DeFi

Stablecoin memainkan peran penting dalam ekosistem DeFi (Decentralized Finance). Mereka digunakan dalam berbagai aplikasi DeFi seperti pinjaman, peminjaman, perdagangan, dan penyimpanan. Stabilitas nilai mereka membuat stablecoin menjadi pilihan yang menarik untuk berbagai kegiatan keuangan di platform DeFi.

Mengurangi Risiko Inflasi

Stablecoin yang dipatok pada mata uang fiat atau komoditas dapat membantu melindungi pengguna dari inflasi di negara-negara dengan ekonomi tidak stabil. Pengguna dapat menyimpan nilai mereka dalam stablecoin yang dipatok pada mata uang yang lebih stabil.

Contoh Stablecoin Adalah UIDR

UIDR adalah stablecoin yang nilainya dipatok pada Rupiah Indonesia (IDR). Diperkenalkan oleh PT Utama Aset Digital Indonesia dan PT Global Karya Wisesa, UIDR menggunakan teknologi blockchain Ethereum untuk menyediakan transaksi yang cepat, aman, dan transparan.

Menggunakan standar token ERC20, Stablecoin ini sangat mudah diintegrasikan dan kompatibel dengan banyak aplikasi berbasis Ethereum. Semua transaksi UIDR dieksekusi sesuai dengan aturan kontrak pintar (smart contract), mencegah terjadinya human error dan dan memastikan keandalan proses transaksi.

UIDR didukung oleh cadangan Rupiah dan diaudit secara berkala untuk memastikan kepercayaan dan keamanan pengguna.

Cara Beli Crypto di Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet.

Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime.

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

Cara Main Blum
Sebelum Listing, Ini Cara Main Blum

Artikel ini akan memandu Anda, para pemula, untuk memahami cara bermain Blum dengan lengkap dan mudah dipahami.

2024-07-17Baca