Cardano Siap Bertransformasi dengan Chang Hard Fork

2024-07-10

Cardano Siap Bertransformasi dengan Chang Hard Fork  (1).webp

Bittime Cardano kini memasuki era Voltaire, tahap akhir dari roadmap pengembangan blockchain tersebut. Era Voltaire menandakan transformasi Cardano menjadi jaringan terdesentralisasi penuh. Melalui konsep community governance (tata kelola komunitas), seluruh pemangku kepentingan jaringan, yaitu siapa saja pemegang token ADA, dapat turut menentukan arah pengembangan Cardano di masa depan.

banner airdrop hamster kombat bittime.jpg

Mengenal Chang Hard Fork

Chang adalah hard fork pertama di era Voltaire. Hard fork ini memperkenalkan konsep minimum-viable community-run governance (tata kelola komunitas minimum yang layak) ke blockchain Cardano. Konsep ini memungkinkan konsensus komunitas on-chain (pada jaringan blockchain) yang diatur oleh konstitusi.

Cek Market Kripto Hari Ini:

Artinya, seluruh pemangku kepentingan Cardano (pemegang ADA) dapat berpartisipasi dalam menentukan arah pengembangan jaringan. Chang Hard Fork adalah langkah awal untuk memulai proses bootstrapping (penyiapan awal) tata kelola Cardano sepanjang tahun 2024.

Manfaat Chang Hard Fork bagi Jaringan dan Pengguna

  • Memperkenalkan Delegate Representatives (DReps): Fitur penting untuk masa depan tata kelola komunitas Cardano. DReps bertindak layaknya perwakilan terpilih, namun pengguna mendelegasikan ADA mereka alih-alih memberikan suara melalui kotak suara. Pendaftaran untuk menjadi DReps diperkirakan akan dibuka pada kuartal kedua 2024.

  • Memfasilitasi Konvensi Konstitusi Cardano: Acara yang akan mengumpulkan semua perwakilan tata kelola – dipilih dari berbagai lokakarya yang diadakan di seluruh dunia sepanjang 2024 – di Buenos Aires untuk merancang draf pertama Konstitusi Cardano. Dokumen ini akan menjadi dasar bagi tata kelola komunitas Cardano.

  • Membuka Peluang Voting: Untuk menutup tahun 2024, komunitas Cardano akan melakukan voting (pemungutan suara) untuk meratifikasi atau menolak draf pertama Konstitusi Cardano. Jika diratifikasi, Konstitusi Cardano akan menjadi fondasi proses dan mekanisme tata kelola komunitas terdesentralisasi yang kelak akan menentukan arah pengembangan blockchain Cardano.

Baca Juga Cara Beli Kripto:

Chang Hard Fork: Tonggak Penting Menuju Masa Depan Cardano

Chang Hard Fork bisa dikatakan sebagai puncak dari upaya pengembangan Cardano selama bertahun-tahun. Implementasi hard fork ini menandakan langkah penting menuju desentralisasi penuh, di mana komunitas ADA akan memegang kendali atas arah pengembangan blockchain Cardano.

Jika Anda belum berpartisipasi dalam diskusi CIP-1694 atau lokakarya tata kelola mana pun, masih ada kesempatan. Constitution Global Workshop Series akan diadakan sepanjang tahun 2024. Kunjungi situs web Intersect, organisasi yang berfokus pada tata kelola komunitas, untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara Anda dapat berpartisipasi.

banner welcome gift bittime.jpg

Kesimpulan

Peluncuran Chang Hard Fork merupakan tonggak penting bagi Cardano. Dengan desentralisasi tata kelola yang semakin terwujud, Cardano semakin siap untuk mencapai visinya sebagai platform blockchain yang inovatif dan inklusif.

Cara Beli Crypto di Bittime

banner cara beli bittime.jpg

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

panduan staking untuk pemula.png
Panduan Lengkap Staking untuk Pemula saat Bear Market

Pasar kripto terkenal dengan volatilitasnya yang tinggi, dan periode bear market (pasar turun) dapat menjadi masa yang penuh tantangan bagi investor. Di tengah fluktuasi harga yang dramatis, strategi staking menawarkan solusi inovatif untuk tetap menghasilkan keuntungan. Simak penjelasannya

2024-05-30Baca