Cardano Luncurkan Hard Fork Chang, Era Baru Tata Kelola Dimulai

2024-07-10

Cardano Luncurkan Hard Fork Chang, Era Baru Tata Kelola Dimulai.webp

Bittime Blockchain Cardano (ADA) kembali menjadi sorotan setelah co-founder Charles Hoskinson mengumumkan peluncuran Chang Hard Fork. Pengumuman ini mengakhiri spekulasi yang beredar selama berminggu-minggu.

banner airdrop hamster kombat bittime.jpg

Chang Hard Fork: Menuju Era Voltaire

Chang Hard Fork adalah bagian integral dari Roadmap Cardano yang terbagi menjadi lima era: Byron, Shelley, Goguen, Basho, dan Voltaire. Era yang sedang berjalan saat ini, Voltaire, berfokus pada tata kelola (governance). Peluncuran Chang Hard Fork menandai dimulainya era tersebut.

Cek Market Kripto Hari Ini:

Tim Cardano menjelaskan bahwa Chang Hard Fork berperan penting dalam transformasi tata kelola Cardano. Transformasi ini akan diwujudkan melalui sistem konstitusional yang mencakup voting on-chain dan hak suara demokratis bagi para pemegang ADA.

Tanggal Peluncuran Chang Hard Fork Diumumkan

Setelah penantian panjang, akhirnya ada kepastian mengenai tanggal peluncuran Chang. Hoskinson secara resmi mengumumkan bahwa Chang akan diaktifkan pada 16 Juli 2024.

Baca Juga Cara Beli Kripto:

Melalui siaran langsung di kanal resminya, Hoskinson menyatakan, "Node 9.0.0: Chang Hard Fork siap diaktifkan." Ia kemudian menambahkan, "Setelah kita mencapai ambang batas 70% SPO (Stake Pool Operator) yang menjalankan update, kita akan memasuki era hard fork."

Komunitas Cardano Kini Berpartisipasi dalam Tata Kelola

Chang Hard Fork menandakan era baru di mana komunitas ADA akan memiliki suara dalam pengambilan keputusan. Mereka dapat berpartisipasi dalam voting terkait alokasi anggaran dan aktivitas lainnya dalam ekosistem Cardano.

Berdasarkan konstitusi sementara saat ini, para pemimpin Cardano akan mempersiapkan konvensi konstitusional di Argentina pada akhir tahun. Konvensi ini diharapkan bisa menghasilkan konstitusi permanen yang akan mengatur tata kelola Cardano.

Peran Baru Charles Hoskinson

Dalam struktur tata kelola baru ini, Charles Hoskinson tidak akan lagi terlibat langsung sebagai pemimpin on-chain. Namun, ia tetap menjadi bagian integral dari tim pengembangan Cardano.

banner welcome gift bittime.jpg

Kontribusi Chang Hard Fork untuk Ekosistem Cardano

Tujuan utama Chang Hard Fork adalah memperkenalkan model tata kelola yang berpusat pada komunitas. Penerapan model ini diharapkan dapat mewujudkan desentralisasi penuh untuk blockchain Cardano.

Voting on-chain akan menjadi instrumen utama dalam pengambilan keputusan. Hal ini akan memastikan proses yang transparan dan terverifikasi.

Mengapa Chang Hard Fork Penting?

Peluncuran Chang Hard Fork merupakan perkembangan yang sangat signifikan dalam ranah blockchain. Desentralisasi tata kelola adalah inti dari teknologi blockchain, dan model baru Cardano berupaya mewujudkan hal tersebut.

Keberhasilan model ini berpotensi menjadi preseden dalam industri blockchain. Ini bisa menjadi contoh bagaimana menghindari masalah yang timbul dari tata kelola terpusat, yang selama ini ingin diatasi oleh teknologi blockchain.

Cara Beli Crypto di Bittime

banner cara beli bittime.jpg

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

10 Altcoin Terbaik.png
10 Altcoin Terbaik di Juni 2024 yang Bisa Kamu Beli

Pasar cryptocurrency terus berkembang dengan cepat, menawarkan berbagai peluang investasi menarik. Berikut ini adalah 10 altcoin terbaik di bulan Juni 2024 yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli, cek sekarang

2024-05-29Baca