Mengenal UIDR: Stablecoin Rupiah dan Beragam Kegunaannya

2024-06-19
Apa Itu UIDR Stablecoin Rupiah dan Beragam Kegunaannya.png

Stablecoin hadir sebagai solusi inovatif untuk mengatasi volatilitas mata uang kripto. Salah satu stablecoin yang menarik perhatian adalah UIDR, yang nilainya dipatok pada Rupiah Indonesia (IDR). UIDR menawarkan stabilitas dan kemudahan transaksi dalam dunia kripto, menjadikannya alat yang andal untuk berbagai keperluan finansial. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang apa itu UIDR, bagaimana cara kerjanya, dan berbagai manfaatnya dalam artikel ini.

Apa Itu UIDR?

UIDR adalah stablecoin yang dirancang untuk mempertahankan nilai yang setara dengan Rupiah Indonesia (IDR). Stablecoin ini menggunakan teknologi blockchain Ethereum, sehingga memberikan keamanan bawaan dan ketidakberubahan transaksi, serta memudahkan integrasi ke berbagai aplikasi berbasis Ethereum.

UIDR mengikuti standar token ERC-20, menjadikannya kompatibel dengan banyak aplikasi yang sudah ada. Untuk memastikan stabilitas nilai, setiap token UIDR didukung oleh cadangan Rupiah yang disimpan dan diaudit secara berkala oleh firma audit independen.

Keunggulan Stablecoin UIDR

UIDR menawarkan berbagai manfaat yang menjadikannya alat penting dalam ekosistem kripto dan keuangan digital. Berikut adalah beberapa keunggulan utama UIDR:

  • Keamanan dan Ketidakberubahan Transaksi: UIDR dibangun di atas blockchain Ethereum, yang memberikan keamanan bawaan dan ketidakberubahan transaksi. Ini berarti setiap transaksi yang dilakukan dengan UIDR tidak dapat diubah atau dibatalkan, memastikan keandalan dan integritas data.
  • Standar Token ERC-20: UIDR mengikuti standar token ERC-20, yang membuatnya sangat mudah diintegrasikan dan kompatibel dengan banyak aplikasi berbasis Ethereum yang sudah ada. Hal ini memungkinkan UIDR untuk digunakan dalam berbagai platform dan layanan tanpa kesulitan teknis yang berarti.
  • Transaksi yang Diatur oleh Kontrak Pintar: Semua transaksi UIDR dieksekusi sesuai dengan aturan kontrak pintar (smart contract). Kontrak pintar ini mencegah kesalahan manusia, memastikan bahwa transaksi dilakukan secara otomatis dan akurat sesuai dengan kondisi yang telah ditetapkan.
  • Audit Keamanan oleh CertiK: Keamanan kontrak pintar UIDR telah diaudit dan diverifikasi oleh CertiK, auditor kontrak pintar kelas dunia. Selain itu, UIDR juga telah lulus audit keamanan dari Cognitos, memastikan bahwa UIDR aman untuk digunakan dan siap diperdagangkan di bursa kripto di seluruh dunia

Kegunaan Stablecoin UIDR

UIDR menawarkan berbagai kegunaan yang menjadikannya alat penting dalam ekosistem kripto dan keuangan digital:

  • Perdagangan Kripto: UIDR memudahkan para pedagang kripto di Indonesia untuk menukar aset digital mereka dengan token yang lebih stabil. Dengan mengurangi risiko volatilitas, UIDR memungkinkan perdagangan yang lebih aman dan terprediksi.
  • Inklusi Keuangan: UIDR membuka akses ke layanan keuangan digital bagi mereka yang tidak memiliki akses ke perbankan tradisional. Dengan hanya menggunakan smartphone dan internet, pengguna dapat menyimpan, mengirim, dan menerima uang dengan mudah, mendukung inklusi keuangan yang lebih luas.
  • Aplikasi DeFi (Decentralized Finance): UIDR dapat digunakan dalam berbagai aplikasi DeFi seperti pinjam-meminjam, trading, dan staking. Stabilitas nilai UIDR membuatnya menjadi pilihan menarik untuk berbagai kegiatan keuangan di platform DeFi, memungkinkan inovasi dan pertumbuhan dalam ekosistem keuangan terdesentralisasi.

Dengan manfaat dan kegunaan ini, UIDR tidak hanya menawarkan stabilitas dan keamanan dalam transaksi kripto, tetapi juga membuka berbagai peluang baru dalam perdagangan aset kripto, pengiriman uang, dan inklusi keuangan di era digital.

Cara Beli Crypto di Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet.

Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime.

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

Moviebloc (MBL) Ini Segala yang Perlu Kamu Ketahui!.webp
Moviebloc (MBL): Ini Segala yang Perlu Kamu Ketahui!

MovieBloc adalah sebuah platform berbasis blockchain yang menawarkan solusi inovatif. Tapi apa sebenarnya MovieBloc dan mengapa menarik perhatian banyak orang? Ini ulasannya!

2024-07-19Baca