Stablecoin vs Fiat: Kenali Perbedaan Keduannya

2024-06-19
stablecoin fiat.png

Stablecoin adalah salah satu opsi menarik bagi investor maupun pengguna biasa yang mencari stabilitas di tengah fluktuasi pasar kripto yang liar. Artikel ini akan mengulas secara mendalam tentang apa itu stablecoin serta menyoroti perbedaan utama antara stablecoin vs fiat. Mari simak!

Apa Itu Stablecoin?

Stablecoin adalah jenis aset kripto yang dirancang khusus untuk menjaga nilai aset yang stabil. Ini dicapai dengan mengaitkan nilainya dengan aset cadangan seperti mata uang fiat (misalnya Dolar AS) atau komoditas berharga seperti emas.

Ada beberapa metode untuk mencapai stabilitas ini, termasuk kolateralisasi dengan aset cadangan, penggunaan algoritma yang mengatur pasokan stablecoin berdasarkan permintaan pasar, dan kadang-kadang kombinasi dari kedua metode tersebut.

Stablecoin biasanya berjalan di atas platform blockchain, memanfaatkan teknologi yang memungkinkan transparansi dan keamanan tinggi, serta memastikan bahwa setiap stablecoin yang beredar didukung oleh aset yang memiliki nilai yang sama. Hal ini membuat stablecoin menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang menginginkan manfaat dari transaksi digital tanpa harus khawatir tentang volatilitas harga yang ekstrem.

Perbedaan antara Stablecoin dan Mata Uang Fiat

Berikut ini adalah beberapa perbedaan mendasar antara stablecoin dan mata uang fiat:

Bentuk Digital

Mata uang fiat hadir dalam bentuk fisik seperti uang kertas dan koin, sementara stablecoin sepenuhnya berbentuk digital dan eksis di dalam jaringan blockchain. Stablecoin memanfaatkan teknologi blockchain untuk menciptakan bentuk uang yang hanya ada dalam dunia digital, memberikan fleksibilitas dan kemudahan akses yang lebih baik dibandingkan mata uang fiat.

Desentralisasi

Stablecoin biasanya beroperasi di platform blockchain yang terdesentralisasi, memberikan pengguna kontrol dan transparansi lebih besar dibandingkan mata uang fiat yang diatur oleh pemerintah dan lembaga keuangan. Ini berarti bahwa transaksi stablecoin tidak perlu melalui otoritas pusat, mengurangi risiko intervensi dan korupsi.

Volatilitas

Mata uang fiat dapat mengalami fluktuasi nilai yang signifikan karena berbagai faktor ekonomi, seperti inflasi, kebijakan moneter, dan kondisi pasar global. Sebaliknya, stablecoin dirancang untuk mempertahankan nilai tetap stabil, menjadikannya lebih dapat diprediksi oleh pengguna. Stabilitas ini dicapai melalui mekanisme penopang nilai seperti cadangan aset dan algoritma penyesuaian pasokan.

Aksesibilitas Global

Stablecoin mempermudah transaksi lintas batas, memungkinkan pengguna mentransfer nilai secara global tanpa perantara atau batasan geografis. Mata uang fiat sering kali memerlukan proses yang rumit dan biaya tinggi untuk transfer internasional, sementara stablecoin dapat dipindahkan dengan cepat dan biaya yang lebih rendah, berkat sifat digital dan terdesentralisasi dari teknologi blockchain.

Secara keseluruhan, stablecoin menawarkan alternatif digital yang aman dan stabil dibandingkan mata uang fiat tradisional. Memahami perbedaan-perbedaan ini membantu pengguna membuat keputusan yang lebih terinformasi ketika menjelajahi dunia aset digital. Stablecoin tidak hanya menawarkan stabilitas tetapi juga memberikan kemudahan dalam transaksi digital global, menjadikannya instrumen keuangan yang penting di era modern ini.

Cara Beli Crypto di Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet.

Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime.

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

panduan staking untuk pemula.png
Panduan Lengkap Staking untuk Pemula saat Bear Market

Pasar kripto terkenal dengan volatilitasnya yang tinggi, dan periode bear market (pasar turun) dapat menjadi masa yang penuh tantangan bagi investor. Di tengah fluktuasi harga yang dramatis, strategi staking menawarkan solusi inovatif untuk tetap menghasilkan keuntungan. Simak penjelasannya

2024-05-30Baca