Bos Xbox Konfirmasi Hadirnya Lebih Banyak Game Eksklusif Multiplatform

2024-06-11
multiplatform game xbox - Bittime

Bittime - Kepala Xbox Gaming, Phil Spencer, baru saja mengonfirmasi bahwa Microsoft akan merilis lebih banyak game eksklusif Xbox ke platform lain di masa depan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Kejutan dari Xbox untuk Penggemar Game

Awal tahun ini, Xbox mengejutkan para penggemar dengan keputusannya untuk membawa beberapa judul eksklusifnya ke platform lain.

Saat itu, empat game lawas mereka, yaitu Hi-Fi Rush, Pentiment, Grounded, dan Sea of Thieves, diumumkan akan hadir di PlayStation dan Nintendo Switch.

Spencer kala itu menjelaskan bahwa langkah ini bukanlah awal mula dibukanya "bendungan" eksklusifitas game Xbox. Namun, tampaknya Microsoft belum selesai memindahkan game mereka ke platform lain.

Gelombang pertama game multiplatform Xbox ini berfokus pada judul yang lebih kecil. Keputusan perubahan strategi eksklusifitas ini memang terbilang mendadak.

Kemungkinan besar, langkah ini diambil karena keempat game tersebut telah mencapai batas penjualan maksimal di Xbox dan PC. Dengan demikian, masuk akal untuk mencari basis pemain baru di platform kompetitor.

Konfirmasi Pihak Xbox tentang Update Game-nya

Belakangan ini, rumor mengenai kehadiran lebih banyak game Xbox multiplatform semakin santer terdengar. Kini, petinggi Xbox tersebut akhirnya angkat bicara.

Dalam wawancara dengan IGN usai Xbox Games Showcase terbaru, CEO Microsoft Gaming, Phil Spencer, memaparkan rencana perusahaannya untuk pelanggan Xbox dan pemain di platform lain.

Spencer menegaskan bahwa Microsoft "berkomitmen" untuk menawarkan para penggunanya "kesempatan untuk membeli atau berlangganan" game eksklusif mereka. Ini menunjukkan kepercayaan Xbox yang berkelanjutan terhadap layanan Game Pass.

Spencer kemudian menyatakan bahwa Xbox juga akan mendukung game mereka di "layar lain," sebelum mengonfirmasi bahwa pemain "akan melihat lebih banyak game kami di lebih banyak platform."

Spencer: Multiplatform Menguntungkan Waralaba Game Xbox

CEO Xbox tersebut memandang strategi multiplatform sebagai "keuntungan" bagi waralaba game eksklusif Xbox. Ia mengakui bahwa "pemain suka bisa bermain game."

Komentar ini berpotensi mengisyaratkan data penjualan yang menjanjikan untuk keempat game multiplatform pertama. Hal ini tidak mengejutkan mengingat popularitas besar Sea of Thieves di PS5.

Microsoft mungkin ingin lebih jauh memanfaatkan basis pengguna platform saingannya. Konfirmasi dari Spencer ini berarti pengguna PlayStation dan Nintendo dapat menantikan kehadiran lebih banyak game Xbox di masa depan.

Pertanyaan yang tersisa sekarang adalah kapan Microsoft akan mengumumkan batch berikutnya game eksklusif multiplatform mereka.

Xbox Games Showcase terbaru memang mengumumkan bahwa Doom: The Dark Ages dari id Software akan hadir di hari pertama peluncurannya untuk PS5.

Namun, selain itu, belum ada kabar pasti mengenai game eksklusif Xbox lawas mana yang akan dibawa Microsoft ke platform lain.

Belakangan ini rumor mengenai remaster Halo: Combat Evolved untuk PS5 mencuat, tetapi belum ada keputusan konkret yang dibuat terkait platform peluncurannya.

Dampak dan Prediksi Kehadiran Game Eksklusif Xbox di Platform Lain

Keputusan Microsoft untuk menghadirkan lebih banyak game eksklusif Xbox ke platform lain tentunya akan membawa dampak dan menimbulkan prediksi terkait masa depan Xbox. Mari bahas beberapa poin penting, seperti:

1. Peningkatan Penjualan

Microsoft berpotensi meraih keuntungan finansial yang lebih besar dengan menjangkau basis pemain yang lebih luas di platform lain.

Game yang penjualannya telah melambat di Xbox dan PC bisa terlahir kembali dengan diramaikan pemain baru dari PlayStation dan Nintendo.

2. Pengenalan Merek yang Lebih Luas

Dengan hadirnya game Xbox di platform lain, merek Xbox dan game eksklusifnya akan semakin dikenal oleh gamer yang sebelumnya tidak memiliki perangkat Xbox.

Hal ini dapat menarik pemain baru untuk bergabung dengan ekosistem Xbox di masa depan.

3. Komunitas yang Lebih Besar

Hadirnya game Xbox di platform lain berpotensi memperbesar komunitas para pemainnya. Hal ini dapat mendorong interaksi dan kolaborasi antar pemain lintas platform.

4. Menurunnya Daya Tarik Xbox

Beberapa gamer Xbox mungkin merasa kecewa dengan keputusan ini. Mereka khawatir eksklusifitas game yang menjadi daya tarik utama Xbox akan berkurang.

5. Langganan Game Pass Kurang Diminati

Kehadiran game Xbox di platform lain, terutama jika disertai dengan rilis serentak, dapat menurunkan daya tarik berlangganan Xbox Game Pass. Pemain PlayStation dan Nintendo mungkin lebih memilih untuk membeli game tersebut secara terpisah.

6. Kurangnya Dukungan Pasca Peluncuran

Ada kekhawatiran bahwa Microsoft akan kurang memberikan dukungan pasca peluncuran (seperti konten tambahan) untuk game Xbox yang hadir di platform lain.

Kesimpulan

Keputusan Microsoft untuk menghadirkan lebih banyak game eksklusif Xbox ke platform lain merupakan langkah strategis yang berdampak luas.

Dampak positif dapat berupa peningkatan penjualan dan pengenalan merek yang lebih luas. Namun, potensi dampak negatif seperti menurunnya daya tarik Xbox dan berkurangnya minat terhadap Game Pass juga perlu dipertimbangkan.

Para penggemar Xbox tentunya berharap Microsoft dapat menyeimbangi keputusannya ini dengan menghadirkan game eksklusif berkualitas tinggi dan terus mengembangkan layanan Game Pass.

Dengan strategi yang tepat, Xbox masih memiliki peluang besar untuk mempertahankan posisinya dan bersaing secara sehat di industri game yang dinamis ini.

Cara Beli Crypto di Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet.

Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime.

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

panduan staking untuk pemula.png
Panduan Lengkap Staking untuk Pemula saat Bear Market

Pasar kripto terkenal dengan volatilitasnya yang tinggi, dan periode bear market (pasar turun) dapat menjadi masa yang penuh tantangan bagi investor. Di tengah fluktuasi harga yang dramatis, strategi staking menawarkan solusi inovatif untuk tetap menghasilkan keuntungan. Simak penjelasannya

2024-05-30Baca