Apa Itu Avail Project(AVAIL)? Infrastruktur Web3 yang Menyatukan Masa Depan Blockchain

2024-06-17
Apa Itu Avail Project(AVAIL)?Infrastruktur Web3 yang Menyatukan Masa Depan Blockchain.jpg

Bittime - Avail adalah proyek infrastruktur Web3 yang dirancang untuk menyediakan lapisan penyatuan yang skalabel dan interoperabel untuk lapisan eksekusi modular. Tujuannya adalah mengatasi fragmentasi blockchain, skalabilitas, dan masalah ketersediaan data dengan cara yang meminimalkan kepercayaan.

Apa Itu Avail Project(AVAIL)? Infrastruktur Web3 yang Menyatukan Masa Depan Blockchain

Avail adalah proyek infrastruktur Web3 yang dirancang untuk mengatasi masalah signifikan dalam ekosistem Web3, khususnya berfokus pada skalabilitas dan pengalaman pengguna. Fragmentasi teknologi blockchain saat ini membuat transaksi lintas ekosistem menjadi sulit dan rumit, sehingga menghambat adopsi pengguna dan menyebabkan inefisiensi.

Avail berupaya untuk menyederhanakan proses ini dengan menciptakan lapisan terpadu yang meningkatkan interoperabilitas di berbagai platform blockchain.

Bagaimana Teknologi Avail Bekerja?

Teknologi Avail dirancang untuk menyatukan berbagai ekosistem blockchain dengan menyediakan fondasi yang andal, skalabel, dan aman. Begini cara kerjanya:

Bukti Validitas: Bukti ini memastikan data tersedia dan dapat diverifikasi tanpa memerlukan verifikasi full node, membuat sistem lebih efisien dan skalabel.

Agregasi Bukti: Nexus berfungsi sebagai hub tempat bukti dari rantai yang berbeda dikumpulkan dan diverifikasi, mendorong interoperabilitas yang mulus.

Keamanan Ekonomi: Fusion Security memungkinkan staking berbagai cryptocurrency (misalnya, BTC, ETH) untuk mengamankan jaringan, sehingga meningkatkan kepercayaan dan keandalan.

Penggunaan Avail Project

Pengguna utama Avail adalah developer blockchain yang dapat menggunakan infrastrukturnya untuk membangun dan menskalakan aplikasi.

Selain itu, pengguna mana pun yang mendapat manfaat dari fungsionalitas lintas rantai yang difasilitasi oleh Nexus, meskipun tidak langsung, juga merupakan bagian dari basis pengguna Avail.

Token Avail Project

Token asli Avail digunakan untuk mengamankan jaringan melalui staking. Ini juga digunakan untuk membayar biaya transaksi dan bridging, memastikan keberlanjutan dan keselarasan insentif dalam ekosistem.

Roadmap Pengembangan Avail Project

Roadmap pengembangan Avail mencakup tiga fase utama:

Avail DA: Tahap awal melibatkan peluncuran lapisan DA, yang memanfaatkan bukti validitas canggih.

Nexus: Setelah lapisan DA, Nexus akan diluncurkan untuk menyatukan rollup dan rantai.

Keamanan Fusion: Fase terakhir berfokus pada implementasi lapisan keamanan ekonomi yang komprehensif untuk melindungi seluruh sistem.

Fitur Utama Avail Project:

Lapisan Ketersediaan Data (DA):

Fungsi: Berfungsi sebagai lapisan dasar untuk ketersediaan data, memastikan data selalu dapat diakses dan diverifikasi tanpa bergantung pada node penuh. Lapisan ini menggunakan teknologi canggih seperti KZG Polynomial Commitments dan Data Availability Sampling (DAS) untuk memastikan ketersediaan data yang efisien dan skalabel .

Peran: Membentuk lapisan dasar untuk rantai modular, memungkinkan mereka untuk menskalakan dan beroperasi secara efisien.

Nexus:

  • Fungsi: Hub verifikasi tanpa izin yang dirancang untuk menyatukan rollup dan rantai. Nexus memanfaatkan lapisan DA sebagai root of trust untuk memungkinkan komposisi lintas rantai dan pengiriman pesan asinkron yang responsif.
  • Peran: Mengatasi fragmentasi rollup dengan menggabungkan bukti dan mengelola pemilihan sequencer secara terdesentralisasi.

Keamanan Fusion:

  • Fungsi: Memberikan keamanan ekonomi yang kuat dengan memungkinkan staking berbagai cryptocurrency, termasuk yang utama seperti Bitcoin dan Ethereum. Model keamanan terintegrasi ini membantu meningkatkan keamanan keseluruhan jaringan Avail.
  • Peran: Memastikan keamanan ekonomi yang terpadu dan bersama di seluruh ekosistem Avail.

Cara Terlibat dalam Ekosistem Avail Project

  • Pengguna dapat berpartisipasi dalam ekosistem Avail dengan:
  • Menggunakan Avail DA untuk proyek blockchain mereka.
  • Menjalankan validator atau light client.
  • Bergabung dengan komunitas melalui platform seperti Discord.
  • Mengikuti Avail di media sosial untuk mendapatkan pembaruan.

Terminologi Teknis Avail Project

Data Availability Sampling (DAS) dan Erasure Coding

  • Data Availability Sampling (DAS): Light client menggunakan DAS untuk memverifikasi integritas data dengan mengambil sampel sebagian data blok secara acak. Metode ini memberikan jaminan kuat terhadap ketersediaan data tanpa perlu operasi full node.
  • Erasure Coding: Teknik ini mendistribusikan data ke beberapa shard, memastikan bahwa data dapat dipulihkan meskipun beberapa shard hilang. Ini meningkatkan ketahanan terhadap pemeriksaan ketersediaan data.

KZG Commitments

KZG Commitments digunakan untuk melakukan commit secara ringkas ke nilai data di dalam header blok. Ini memungkinkan verifikasi ketersediaan data secara efisien, yang penting untuk menjaga integritas light client.

Produk dan Ekosistem Avail Project

Testnet: Avail menyediakan testnet untuk developer bereksperimen dan membangun di atasnya. Sumber daya seperti dokumentasi teknis, panduan, dan testnet explorer tersedia untuk membantu developer .

Komunitas dan Dukungan: Avail memiliki komunitas yang aktif dan menawarkan berbagai sumber daya termasuk channel Discord, dokumen teknis, dan blog untuk pembaruan dan integrasi terbaru [Get Started with Building Blockchains] [Get Started with Building Blockchains].

Siapa yang Berada di Balik Avail Project?

Avail dipimpin oleh Anurag Arjun, salah satu pendiri Polygon, dan Prabal Banerjee, mantan pemimpin riset Polygon. Tim ini terdiri dari lebih dari 40 profesional dengan keahlian beragam dalam teknologi blockchain dan Web3.

Pendanaan dan Visi Avail Project

Avail telah mengumpulkan total $75 juta melalui beberapa putaran pendanaan, termasuk Seri A senilai $43 juta. Pendanaan ini diarahkan untuk mengembangkan lapisan penyatuan dan mengatasi tantangan kritis dalam skalabilitas dan interoperabilitas Web3 . Proyek ini dipimpin oleh Anurag Arjun, salah satu pendiri Polygon, dan bertujuan untuk menciptakan ekosistem Web3 yang kohesif, skalabel, dan aman [Avail] .

Kemitraan

Avail telah menjalin kemitraan strategis di berbagai ekosistem untuk mendukung misinya dalam menyatukan ruang Web3. Kemitraan lebih lanjut akan diumumkan seiring kemajuan proyek.

Membandingkan Avail dengan Proyek Lain

  • Celestia: Sementara Celestia juga berfokus pada ketersediaan data, Avail menekankan bukti validitas dan konstruksi DA modular untuk mencapai ekosistem Web3 yang terpadu.
  • Eigenlayer: Model restaking Eigenlayer menginspirasi Fusion Security dari Avail, meskipun Avail telah menyesuaikannya agar sesuai dengan kasus penggunaan spesifiknya.

Cara Beli Crypto di Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet.

Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime.

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

panduan staking untuk pemula.png
Panduan Lengkap Staking untuk Pemula saat Bear Market

Pasar kripto terkenal dengan volatilitasnya yang tinggi, dan periode bear market (pasar turun) dapat menjadi masa yang penuh tantangan bagi investor. Di tengah fluktuasi harga yang dramatis, strategi staking menawarkan solusi inovatif untuk tetap menghasilkan keuntungan. Simak penjelasannya

2024-05-30Baca