Regulasi Baru yang Mengejutkan! Begini Cara Aman Beli USDT di Tengah Perubahan

2024-06-12
Regulasi Baru yang Mengejutkan! Begini Cara Aman Beli USDT di Tengah Perubahan .png

Bittime - USDT atau Tether adalah salah satu stablecoin paling populer di dunia cryptocurrency. Sebagai stablecoin, nilai USDT dipatok ke dolar AS, membuatnya relatif stabil dibandingkan dengan mata uang kripto lainnya. Namun, dengan munculnya regulasi baru di Amerika Serikat dan Uni Eropa, ada beberapa perubahan penting yang harus diperhatikan oleh investor saat membeli USDT.

Dampak Regulasi di Amerika Serikat

Lummis-Gillibrand Payment Stablecoin Act

Pada April 2024, Lummis-Gillibrand Payment Stablecoin Act diperkenalkan di Kongres AS. Regulasi ini bertujuan untuk memberikan kerangka kerja yang jelas bagi penerbit stablecoin. Jika disahkan, semua stablecoin yang beroperasi di AS harus memenuhi standar transparansi dan cadangan aset yang ketat.

Ini berarti Tether, penerbit USDT, perlu memastikan bahwa mereka memiliki cadangan aset yang cukup untuk setiap USDT yang beredar. Meskipun Tether telah melakukan audit independen untuk meningkatkan transparansi, status offshore mereka di Kepulauan Virgin Britania mungkin menjadi hambatan dalam mendapatkan persetujuan penuh dari regulator AS​ ​.

Pengaruh Terhadap Investor

Bagi investor yang ingin membeli USDT, regulasi ini dapat memberikan jaminan lebih besar bahwa setiap USDT didukung sepenuhnya oleh aset riil. Namun, ada juga kekhawatiran bahwa peningkatan biaya kepatuhan dapat membuat Tether kurang kompetitif dibandingkan stablecoin lain seperti USDC, yang sudah mengikuti regulasi AS dengan lebih ketat​ ​.

Dampak Regulasi di Uni Eropa

Markets in Crypto-Assets (MiCA)

Di Uni Eropa, MiCA akan mulai berlaku pada akhir Juni 2024. Regulasi ini mengharuskan semua penerbit stablecoin untuk mendaftar sebagai penerbit uang elektronik (e-money issuers). Ini bertujuan untuk memastikan stabilitas dan integritas pasar crypto di Eropa.

Tether saat ini belum mendaftar sebagai penerbit e-money di Uni Eropa, sementara pesaingnya, Circle, penerbit USDC, telah mengambil langkah proaktif dengan mendaftar di Prancis untuk mendapatkan lisensi sebagai penyedia layanan aset digital​ ​.

Pengaruh Terhadap Investor

Investor di Eropa yang ingin membeli USDT mungkin melihat perubahan dalam cara mereka dapat membeli dan menggunakan USDT. Jika Tether tidak segera mematuhi regulasi MiCA, pengguna di Uni Eropa mungkin lebih memilih stablecoin yang telah terdaftar dan mematuhi regulasi tersebut, seperti USDC​ ​.

Langkah-Langkah Tether

Transparansi dan Audit

Untuk menghadapi tantangan regulasi ini, Tether telah melakukan beberapa langkah penting. Pada April 2024, Tether menyelesaikan audit independen yang disebut sebagai "gold standard" oleh American Institute of Certified Accountants. Ini adalah langkah signifikan untuk meningkatkan transparansi dan memenangkan kepercayaan regulator serta pengguna​ ​.

Ekspansi dan Inovasi

Selain itu, Tether terus melakukan inovasi dengan merilis beberapa proyek baru yang diharapkan dapat memperkuat ekosistem mereka. CEO baru Tether, Paolo Ardoino, mengumumkan bahwa perusahaan sedang mengerjakan lima proyek baru yang dapat merevolusi layanan terpusat Web2​ ​.

Regulasi baru di Amerika Serikat dan Uni Eropa membawa dampak signifikan terhadap pembelian USDT. Bagi investor, ini bisa berarti lebih banyak jaminan dan stabilitas, tetapi juga tantangan dalam hal aksesibilitas dan biaya. Tether, sebagai penerbit USDT, perlu terus beradaptasi dengan regulasi ini untuk mempertahankan posisinya di pasar stablecoin yang kompetitif.

Bagi mereka yang tertarik membeli USDT, memahami dampak regulasi ini sangat penting. Selalu lakukan riset mendalam dan pertimbangkan semua faktor sebelum membuat keputusan investasi.

Cara Beli Crypto di Bittime

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti.

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi.

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime.

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

Apa Itu Swap.Coffee? Mengenal Agregator DEX di Jaringan TON
Apa Itu Swap.Coffee? Mengenal Agregator DEX di Jaringan TON

Swap.Coffee memungkinkan transaksi OTC kripto yang aman dan terdesentralisasi menggunakan teknologi blockchain dan kontrak pintar

2024-07-25Baca