Trade
>
BTC
BTC

Harga Bitcoin

(BTC)

All
Rp942.284.5721.00%

Informasi Pasar BTC

  • Peringkat1
  • Supply Yang Beredar19.719.800
  • Total Supply19.719.800
  • Kapitalisasi Pasar18.832.645.270 Juta
  • Supply Maksimum21.000.000

Link Terkait BTC

Harga BTC Hari Ini

BTC / USDT

58.195,89 1.05%

Vol 24 Jam: 5,11439 BTC

BTC / IDR

942.352.666 0.99%

Vol 24 Jam: 4,03458 BTC

Tentang Bitcoin (BTC)

Harga live Bitcoin adalah Rp 577.485.177,- per (BTC to IDR) dengan kapitalisasi pasar saat ini Rp 11,241,973.36B IDR. Volume perdagangan 24 jam adalah Rp 287,696.09B IDR. Harga BTC ke IDR diperbarui secara real-time. Bitcoin berubah -0.78% dalam 24 jam terakhir dengan suplai beredar sebesar 19.54M.

Bitcoin adalah aset digital populer yang menawarkan peluang trading menarik. Dibuat pada 2009, Bitcoin beroperasi di blockchain, sebuah buku besar digital terdesentralisasi di mana semua transaksi dicatat dan diverifikasi oleh penambang melalui Proof of Work.

Apa Faktor yang membuat bitcoin sangat bernilai ?

1. Kelangkaan dan Pasokan Terbatas
Bitcoin menarik perhatian investor karena pasokannya yang terbatas. Hanya ada 21 juta Bitcoin yang akan ada, sebuah fakta yang menekankan kelangkaan dan potensi apresiasi nilai aset ini.

2. Desentralisasi sebagai Keunggulan Utama
Aset kripto ini menonjol karena sifat desentralisasinya, menawarkan otonomi dan kebebasan dari intervensi pihak ketiga. Ketika volume perdagangan meningkat, begitu pula permintaan dari investor ritel dan institusional, yang pada gilirannya memperkuat nilai Bitcoin.

3. Dominasi di Pasar Kripto
Dengan kapitalisasi pasar yang signifikan, Bitcoin telah membuktikan diri sebagai aset penyimpan nilai yang andal. Stabilitas dan reputasi ini memicu minat berkelanjutan dari berbagai kalangan investor.

4. Penerimaan dan Adopsi yang Meluas
Dalam lima tahun terakhir, Bitcoin dan aset kripto lainnya telah mengalami peningkatan adopsi yang signifikan. Tren positif ini menggarisbawahi potensi kenaikan nilai dan keandalan Bitcoin sebagai komponen penting dalam portofolio investasi modern.

5. Pelindung Nilai Efektif
Ketidakpastian ekonomi global, terutama selama pandemi COVID-19, telah menyebabkan investor mencari opsi pelindung nilai yang efektif. Bitcoin, sering dijuluki sebagai "emas digital," telah mendemonstrasikan kekuatannya dalam menghadapi inflasi dan volatilitas pasar.

Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin?

Investor dapat mengakuisisi Bitcoin melalui proses penambangan, atau lebih mudah, membelinya dari platform perdagangan terpercaya seperti Bittime.

Prediksi Harga Bitcoin (BTC) kedepan ?

Ada beberapa faktor yang dapat Anda pantau untuk memahami apa yang mendorong pergerakan harga dan volatilitas dalam kripto ini. Antara lain ::

1. Pasokan dan Permintaan Bitcoin (BTC)

Harga Bitcoin saat ini dipengaruhi oleh keseimbangan antara pasokan terbatas dan permintaan pasar terhadapnya. Total pasokan Bitcoin dibatasi hingga 21 juta koin, dan tingkat produksinya berkurang kira-kira setiap empat tahun hingga berkurang setengahnya. Ketika pasokan semakin langka, hal ini dapat meningkatkan permintaan dan berpotensi mendorong harga BTC naik melebihi harga USD

2. Perkembangan Peraturan Aset Kripto di Seluruh Dunia

Peraturan pemerintah dan kerangka hukum berperan dalam membentuk persepsi dan adopsi Bitcoin. Setiap negara memiliki pendekatan yang berbeda-beda terhadap peraturan aset kripto, dan perubahan peraturan dapat berdampak pada sentimen pasar dan kepercayaan investor, yang pada gilirannya dapat mempengaruhi nilai Bitcoin.

3. Dampak Peristiwa Berita pada Harga Bitcoin

Peristiwa berita dan liputan media dapat berdampak signifikan terhadap harga Bitcoin. Berita positif, seperti adopsi institusional atau kejelasan peraturan, dapat meningkatkan permintaan dan harga BTC. Sebaliknya, berita negatif, seperti pelanggaran keamanan atau tindakan keras terhadap peraturan, dapat menurunkan nilai Bitcoin karena berkurangnya kepercayaan dan tekanan jual.

4. Likuiditas dan Aksesibilitas

Kemudahan membeli, menjual, dan memperdagangkan Bitcoin dapat mempengaruhi harga bitcoin itu sendiri. Ketika Bitcoin menjadi lebih mudah diakses melalui berbagai platform dan produk investasi, seperti kontrak berjangka dan reksa dana, hal ini dapat menarik basis investor yang lebih luas, sehingga berpotensi meningkatkan permintaan dan harga BTC.

Apa Itu Penambangan Bitcoin?
Penambangan atau mining Bitcoin adalah proses pembuatan Bitcoin baru menggunakan rig penambangan dan komputer berkapasitas tinggi. Dengan memecahkan teka-teki matematika yang rumit, penambang memvalidasi transaksi dalam blockchain dan mencatatnya dalam blok yang baru terbentuk. Ini adalah proses penting yang menjamin keamanan dan integritas jaringan Bitcoin.
Penambang Bitcoin memverifikasi transaksi, mencetak BTC baru, dan berkontribusi pada pasokan BTC yang beredar. Sebagai imbalan atas upaya penambangan mereka, para penambang menerima sebagian Bitcoin yang baru dicetak sebagai hadiah blok.

Kapan Halving Bitcoin Berikutnya?

Peristiwa halving Bitcoin telah ditentukan sebelumnya dan dimasukkan ke dalam protokol Bitcoin. Halving terjadi setiap empat tahun hingga pasokan maksimum 21 juta Bitcoin tercapai, diperkirakan sekitar tahun 2140. Setelah setiap halving, jumlah Bitcoin baru yang dibuat dan diberikan kepada penambang karena menambahkan blok ke blockchain berkurang sebesar 50%. Halving Bitcoin pertama terjadi pada tanggal 28 November 2012, di blok nomor 210.000, ketika hadiah blok dikurangi dari 50 BTC menjadi 25 BTC.
Setelah halving kedua pada bulan Juli 2016 dan halving ketiga pada bulan Mei 2020, halving berikutnya diperkirakan akan terjadi antara bulan Februari dan Mei 2024, sekitar blok nomor 840,000, ketika hadiah blok akan berkurang dari 6,25 BTC menjadi 3,125 BTC.

Berapa Banyak Energi yang Dikonsumsi Bitcoin?
Jaringan Bitcoin menggunakan mekanisme konsensus proof-of-work (PoW) untuk memvalidasi transaksi, sehingga memerlukan rig penambangan dengan daya dan energi komputasi yang tinggi. Rig penambangan Bitcoin ini penting untuk menyimpan catatan semua transaksi di blockchain BTC.
Konsumsi energi Bitcoin disebabkan oleh strukturnya yang terdesentralisasi dan mekanisme konsensus yang dikenal sebagai bukti kerja. Untuk memverifikasi transaksi, komputer dalam jaringan Bitcoin bersaing untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks. Proses ini, yang dikenal sebagai penambangan, memerlukan daya komputasi yang signifikan dan menghabiskan banyak energi.
Namun, para penambang Bitcoin sedang menjajaki potensi memanfaatkan sumber energi yang lebih bersih yang dapat memecahkan masalah konsumsi energi Bitcoin.

Seberapa Amankah Bitcoin?

Mengenai keamanan, Bitcoin berdiri tegak sebagai aset kripto yang dirancang dengan mempertimbangkan aspek terpenting ini. Sejak awal, blockchain Bitcoin tetap tangguh, tidak pernah mengalami serangan yang signifikan. Meskipun ada kemungkinan teoritis untuk meretas protokol Bitcoin, melakukan serangan 51% adalah hal yang sulit dan memakan waktu serta tenaga, karena sifat jaringan Bitcoin yang terdesentralisasi yang didukung oleh komunitas terbukanya di seluruh dunia.

Apa Saja Berbagai Cara Berinvestasi dalam Bitcoin?
Ada banyak peluang investasi untuk dijelajahi antara lain:

1. Membeli dan Menyimpan Bitcoin (BTC)
Opsi paling populer dan mudah adalah membeli Bitcoin dan menyimpannya. Dengan melakukan ini, Anda akan mendapatkan keuntungan selama nilai BTC terus meningkat. Namun perlu diingat bahwa ada potensi risiko kerugian jika pasar mengalami ambruk. Dalam hal ini, Anda dapat menjual Bitcoin Anda di pasar. Melalui Bittime, Anda dapat menjelajahi Spot Trading untuk membeli dan menjual bitcoin dengan mudah

2. Menghasilkan passive income melalui Pinjaman

Strategi menarik lainnya adalah meminjamkan kepemilikan BTC Anda untuk menghasilkan pendapatan pasif. Dengan meminjamkan Bitcoin, Anda dapat dengan mudah meningkatkan modal Anda seiring berjalannya waktu. Metode ini memungkinkan Anda memanfaatkan Bitcoin Anda dan mendapatkan keuntungan tambahan.

3. Berinvestasi dalam Kontrak Berjangka Bitcoin

Pengguna juga dapat melakukan long atau short Bitcoin untuk mendapatkan keuntungan dari pergerakan harganya. Bitcoin berjangka menawarkan opsi populer bagi pedagang tingkat lanjut untuk menghasilkan pengembalian leverage melalui modal dasar minimum. Namun, keuntungan besar seringkali disertai dengan risiko yang besar, dan Anda harus menerapkan manajemen risiko yang tepat untuk mengurangi resiko kerugian di pasar kripto yang bergejolak.

4. Perwalian Investasi melalui Manager investasi
Perwalian investasi yang ditawarkan oleh perusahaan terkemuka seperti Grayscale menarik bagi investor besar yang mencari eksposur terhadap Bitcoin. Misalnya, Grayscale Bitcoin Trust adalah dana publik yang memungkinkan Anda membeli saham GBTC, memberikan paparan tidak langsung terhadap Bitcoin. Penting untuk dicatat bahwa perwalian investasi sering kali diperdagangkan dengan harga premium dan mungkin memerlukan biaya yang lebih tinggi daripada membeli Bitcoin langsung di bursa.