Harga Solana Bullish di Tengah Koreksi Pasar

2024-07-10

Harga Solana Bullish di Tengah Koreksi Pasar.png

BittimeDi tengah gejolak pasar kripto yang sedang berlangsung, Solana (SOL) menunjukkan tanda-tanda kekuatan dan potensi bullish yang menarik. Meskipun mengalami koreksi lebih dari 30% dari level tertinggi tahun ini sebesar $210 pada 17 Maret, harga SOL berhasil mempertahankan level support krusial dan menunjukkan pola pergerakan yang mengindikasikan tren positif ke depan.

Banner 1

Analisis Teknikal Mendukung Tren Bullish

Grafik harian SOL menampilkan pola yang menarik. Setelah mencapai titik terendah $116 pada 13 April, Solana membentuk serangkaian higher lows (level terendah yang semakin tinggi) dan lower highs (level tertinggi yang semakin rendah), menciptakan pola segitiga simetris. Pola ini sering muncul sebagai bagian dari gelombang keempat dalam analisis Elliott Wave.

2. harga solana naik (a).webp

Sumber: TradingView/Valdrin Tahiri

Pada 5 Juli, SOL sempat terlihat menembus batas bawah segitiga, namun dengan cepat kembali ke dalam pola, menghasilkan candle bullish yang signifikan. Jika perhitungan gelombang ini akurat, SOL kemungkinan telah memulai sub-gelombang D yang berpotensi mendorong harga ke garis tren resistensi segitiga di sekitar $160.

Indikator teknikal seperti RSI dan MACD juga mendukung prospek bullish ini. Keduanya menunjukkan divergensi bullish yang nyata, sebuah sinyal yang sering mendahului pembalikan tren ke arah positif. Jika SOL berhasil breakout dari pola segitiga, hal ini akan mengkonfirmasi perhitungan gelombang dan dapat membuka jalan menuju all-time high baru di $267.

Cek Market Crypto Hari Ini:

Fundamental Kuat: Solana Memimpin Aktivitas On-Chain

Selain analisis teknikal yang menjanjikan, fundamental Solana juga menunjukkan kekuatan. Blockchain Solana memimpin aktivitas Layer-1 dalam seminggu dan sebulan terakhir, baik dari segi pengguna aktif maupun jumlah transaksi. Dalam tujuh hari terakhir, Solana mencatat 1,7 miliar transaksi, jauh melampaui kompetitor terdekatnya, TRON, yang hanya mencapai 46,8 juta transaksi.

Dari sisi pengguna bulanan, Solana juga unggul dengan 14,5 juta pengguna aktif, sedikit di atas TRON yang memiliki 13,9 juta pengguna. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa TRON menunjukkan momentum yang lebih kuat dalam jangka pendek, terlihat dari jumlah pengguna mingguan yang lebih tinggi.

Banner 2

Tantangan dan Potensi ke Depan

Meski aktivitas on-chain Solana mengesankan, pendapatan jaringan belum kembali ke level tertingginya. Puncak pendapatan $2,47 juta yang dicapai pada 18 Maret masih jauh dari angka saat ini yang hanya $472,370. Penurunan ini sebagian besar dipengaruhi oleh menurunnya popularitas meme coin yang sempat menjadi tren di ekosistem Solana, terutama di bursa terdesentralisasi Raydium.

Namun, melihat pola pergerakan harga jangka panjang, SOL masih mempertahankan posisi di atas level support krusial $135. Selama harga bertahan di atas level ini, tren bullish masih dapat dipertahankan.

Prediksi Harga Solana: Menuju All-Time High Baru?

Berdasarkan analisis Elliott Wave, SOL kemungkinan berada dalam gelombang keempat dari lima gelombang kenaikan yang dimulai sejak Desember 2022. Jika pola ini terkonfirmasi, gelombang kelima berpotensi mendorong harga SOL ke level all-time high baru di sekitar $267.

Meski demikian, investor perlu tetap waspada terhadap kemungkinan skenario bearish. Jika SOL gagal mempertahankan pola segitiga simetris dan turun di bawah $116, koreksi mungkin berlanjut lebih dalam.

Baca Juga Cara Beli Crypto:

Kesimpulan

Di tengah volatilitas pasar kripto, Solana menunjukkan ketahanan yang mengesankan. Kombinasi antara analisis teknikal yang menjanjikan, aktivitas on-chain yang kuat, dan potensi pertumbuhan harga membuat SOL menjadi aset yang menarik untuk diperhatikan. Namun, seperti halnya dengan investasi kripto lainnya, penting bagi investor untuk melakukan riset mendalam dan mempertimbangkan berbagai faktor risiko sebelum membuat keputusan investasi.

Cara Beli Crypto di Bittime

Bittime - Platform Perdagangan Aset Kripto Unggulan.webp

Kamu bisa beli dan jual aset crypto dengan cara yang mudah dan aman melalui Bittime. Bittime adalah satu aplikasi kripto terbaik di Indonesia yang sudah resmi terdaftar Bappebti. 

Untuk bisa beli aset crypto di Bittime, pastikan kamu telah melakukan registrasi dan menyelesaikan verifikasi identitas. Selain itu, pastikan juga kalau kamu punya saldo yang cukup dengan melakukan deposit sejumlah dana ke wallet. Sekadar informasi, minimal pembelian aset di Bittime adalah Rp10.000. Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pembelian aset crypto di aplikasi. 

Belajar Panduan Lengkap Cara Beli Crypto di Bittime

Pantau pergerakan grafik harga Bitcoin (BTC)Ethereum (ETH), Solana (SOL) dan kripto lainnya untuk mengetahui tren crypto market hari ini secara real-time di Bittime

Disclaimer: Pandangan yang diungkapkan secara eksklusif milik penulis dan tidak mencerminkan pandangan platform ini. Platform ini dan afiliasinya menolak segala tanggung jawab atas keakuratan atau kesesuaian informasi yang disediakan. Ini hanya untuk tujuan informasi dan bukan merupakan saran keuangan atau investasi.

Blog Bittime

10 Altcoin Terbaik.png
10 Altcoin Terbaik di Juni 2024 yang Bisa Kamu Beli

Pasar cryptocurrency terus berkembang dengan cepat, menawarkan berbagai peluang investasi menarik. Berikut ini adalah 10 altcoin terbaik di bulan Juni 2024 yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli, cek sekarang

2024-05-29Baca